Saturday, March 24, 2012

Memulai Usaha Ternak Sapi

Memulai suatu usah kadang tidak mudah dilakukan, terlebih untuk pemula dibidang agro bisnis, bisnis sapi misalnya hal ini perlu perhitungan yang cukup matang walaupun peluangnya sudah terlihat menjanjikan.
Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk berbisnis peternakan sapi, ada beberapa hal yang patut dicermati, hal-hal berikut  ini adalah sebagian tips bagaimana  cara memulai usaha ternak sapi :
1. Hal pertama yaitu persiapan awal yang meliputi pengetahuan tentang  persyaratan lokasi, pembibitan, dan juga yang tidak kalah penting tentu saja Anda harus mempelajari penyakit-penyakit yang mungkin timbul pada hewan ternak sapi tersebut.
2. Pemilihan lokasi untuk peternakan hewan khususnya ternak sapi, idealnya membangun kandang di daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk , akan tetapi mudah dicapai kendaraan.
3. Sebaiknya, kandang terpisah dari rumah tinggal, namun demikian jangan terlalu jauh .
4. Sebaiknya sinar matahari harus bisa menembus pelataran kandang serta dekat dengan lahan pertanian, Agar kandang terang dan memliki sirkulasi udara yang bagus, Pembuatannya dapat dilakukan secara berkelompok di tengah sawah atau ladang.
5. Kebersihan kandang ternak sapi harus selalu diperhatikan, hal ini untuk memncegah timbilnya berbagai penyakit. Untuk memudahkannya ada baiknya jika lantai terbuat dari tanah padat atau semen, sehingga mudah dibersihkan dari kotoran sapi. Seluruh bagian kandang dan peralatan yang pernah dipakai harus disucihamakan terlebih dahulu dengan desinfektan, seperti creolin, Lysol dan bahan lainnya.
6. Selain lokasi, perhatikan pula pembibitannya, khususnya dalam memilih bibit sapi yang baik. Yang perlu diperhatikan antara lain tanda telinga, artinya pedet  (anak sapi) tersebut telah terdaftar dan lengkap silsilahnya; mata tampak cerah dan bersih; tidak terganggu pernafasannya; kukunya tidak terasa panas bisa diraba; tidak terlihat adanya eksternal parasit pada kulit dan bulunya; tidak terdapat tanda mencret pada bagian ekor dan dubur; serta tidak ada tanda-tanda kerusakan kulit dan kerontokan bulu.
7. Hal yang tidak boleh dilupakan yaitu mengenali aneka penyakit pada hewan ternak, khususnya sapi dan mengerti bagamana cara mengantisipasinya.

Nah apabila anda sudah menguasai seluk beluknya tentang ternak sapi, tak ada salahnya untuk memulai usaha ternak sapi.

1 comment:

  1. betul sekali pak, kadang kita susah untuk melangkahkan kaki untuk memulai suatu usaha, apalagi kalo selalu ngitung ngitung, malah kbanyakan gak jadi usahanya, hahaha,
    makasih pelajarannya

    Halra

    ReplyDelete