Saturday, March 24, 2012

Memilih indukan kenari

Untuk mendapatkan hasil perkawinan burung kenari yang bagus salah satu faktor utamanya adalah memilih burung indukan kenari yang baik, adapun ciri-ciiri dari kenari indukan yang bagus adalah diantaranya:
  • yang sudah cukup umurnya, kenari yang cukup umur biasanya dimulai pada usia 8 bulan, akan berubah struktur perutnya jika telah memasuki masa birahi. Perut membuncit tanpa lemak, bulu disekitar perut menjadi botak, dan perut berwarna merah merupakan beberapa tanda burung kenari betina telah siap kawin.
    Disamping itu, jika tersedia didalam sangkar, burung kenari betina akan membawa sobekan kertas, sejumput barang yang akan dipakai untuk bahan sarang.
  • sehat
  •  matang kelamin
  • dalam kondisi puncak.Kondisi puncak burung kenari jantan biasanya diperlihatkan dengan bernyanyi terus menerus, dan jika melihat burung kenari betina akan memperlihatkan gayanya, seperti bernyanyi kekiri dan kekanan, bahkan ada yang sampai menabrak jeruji sangkar.
apabila kenari indukan yang baik sudah didapat, perlu dilakukan langkah-langkah persiapan dalam mengawinkan kenari-kenari tersebut.


Selain perawatan secara umum terhadap indukan kenari dosis pakanpun perlu ditingkatkan. adapun pakan tambahan yang biasa ditambahkan adalah sayuran seperti sawi putih, sawi hijau dan daun selada, serta buah-buahan seperti apel, mentimun, pear, jeruk, anggur, dan pepaya juga kroto (telur semut), dan telur rebus. Diantara pakan tersebut, telur rebus merupakan pakan yang harus ditingkatkan dosis pemberiannya, yakni setengah butir perhari.

No comments:

Post a Comment