Saturday, March 24, 2012

TikTok (itik entok)

Sesuai namanya Tiktok jenis bebek hasil dari persilangan Itik dan entok. Bobot yang besar diatas rata-rata bebek lokal lainnya merupakan keunggulan tersendiri TikTok ini, selain itu tiktok juga lebih tahan terhadap serangan penyakit. Kelebihan tiktok lainnya adalah memiliki daging yang tebal gurih dan bertekstur lembut, serta dagingnya rendah lemak (hanya 1% dibagian dada dan 1,5% dibagian paha).
Perkawinan alami sering terjadi antara bebek jantan dan entok betina. Sedangkan perkawinan antara entok jantan dan bebek betina sulit terjadi secara alami, sehingga harus dilakukan kawin suntik. Perkawinan antara entok jantan dengan bebek betina akan menghasilkan tiktok seberat minimum 3kg. Sementara, perkawinan antara bebek jantan dengan entok betina hanya akan menghasilkan anakan dengan bobot 1 kg. Hasil perkawinan antara bebek jantan dengan entok betina dinamakan itik branti.
Berdasarkan pengalaman para peternak perkawinan antara bebek alabio jantan dengan entok betina dapat menghasilakn anakan dengan bobot hingga 3 kg pada umur 12 minggu. sementara, perkawinan antara bebek tegal jantan dengan entok betina menghasilkan anakan tiktok dengan bobot 1,5 kg pada umur yang sama. Anak yang dihasilkan dari perkawinan antara entok jantan dan bebek betina akan infertil (tidak subur), sehingga dalam peternakan harus disediakan parent stock.

3 comments:

  1. Mohon penjelasan ,bagaimana pula hasil perkawinan antara entok jantan dengan bebek peking betina? dan bagaimana kemampuan bertelur bebek peking betina???pertanyaan yg sudah sering saya sampaikan tetapi belum pernah mendapat jawaban,mengingat kedua jenis bebek tsb memiliki body yang besar.....kepada bapak bapak yang pernah mencoba...mohon email ke :dickynsc@gmail.com.....thanks berat.

    ReplyDelete